SOPA dan PIPA: Apa Saja Dampaknya?

SOPA dan PIPA: Apa Saja Dampaknya? SOPA dan PIPA, "mengambil resiko litigasi sembrono untuk seluruh Internet, Ujarnya. Dampaknya bisa melampaui perekonomian, beberapa orang berpendapat...

Apakah pada hari ini anda mengalami kesulitan dalam menggunakan Wikipedia? Hal itu karena orang-orang dari Ensiklopedia Online Populer tersebut berpartisipasi dalam sebuah "Pemadaman Internet" (Internet blackout) karena protes atas dua kontroversial RUU Anti-Pembajakan yaitu: Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA). RUU tersebut dimaksudkan untuk memperkuat perlindungan terhadap pelanggaran hak cipta dan pencurian kekayaan intelektual, namun pendukung internet mengatakan mereka akan melumpuhkan kebebasan dalam dunia internet. Pada dasarnya, undang-undang tersebut telah mengadu pembuat konten seperti industri musik dan film melawan Silicon Valley.

"Ini bukan sebuah pertempuran kaum kiri vs kanan, "kata Adam Green yang merupakan aktivis progresif, yang organisasinya Progressive Change Campaign Committee pada Selasa menyelenggarakan konferensi pers dengan para penentang RUU. "Terus terang, ini adalah pertempuran Lama vs baru." Berikut adalah tampilan dasar pada tindakan berlangsung hari ini dan undang-undang tersebut menyebabkan keributan:

Apa yang terjadi hari ini?

Reddit yang merupakan situs popular link-sharing saat ini melakukan pemadaman Internet selama 24-jam. Selain Reddit dan Wikipedia, situs lain yang berpartisipasi seperti, BoingBoing, Mozilla, Wordpress.org, TwitPic, MoveOn.org dan jaringan ICanHasCheezBurger. Namun, Raksasa mesin pencari yakni Google menunjukkan solidaritas dengan protes doodle dan pesan: "Tell Congress: Please don't censor the web,"" tetapi Google tidak merencanakan pemadaman untuk situsnya.

Beberapa situs lain seperti, Facebook dan Twitter juga menentang undang-undang yang bersangkutan tetapi tidak berpartisipasi dalam pemadaman hari ini. Selain aksi protes yang berbasis internet, beberapa aksi protes dilawan secara fisik pada hari Rabu di luar kantor perwakilan kongres mereka. Pendiri Reddit "Alexis Ohanian", mengatakan dalam konferensi pers hari Selasa itu akan "mungkin akan geekiest, yang paling rasional yang pernah protes."

Apakah undang-undang itu?

Sudah ada hukum yang melindungi materi hak cipta, termasuk Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Tapi sementara DMCA hanya berfokus untuk menghapus secara spesifik, konten yang tidak sah dari Internet, SOPA dan PIPA bukan menargetkan platform yaitu, situs hosting konten yang tidak sah.

RUU akan memberikan Departemen Kehakiman kekuatan untuk pergi setelah situs asing sengaja melakukan atau memfasilitasi pencurian kekayaan intelektual "Nakal". Situs seperti The Pirate Bay. Pemerintah akan mampu memaksa perusahaan yang beroperasi, seperti penyedia layanan Internet, perusahaan kartu kredit dan pengiklan online, untuk memutus hubungan dengan situs-situs tersebut.

Mengapa perusahaan-perusahaan Internet Menentang SOPA dan PIPA?

Perusahaan Internet dan investornya akan siap berkata bahwa mereka sedang memegang "pemadaman" untuk melindungi kepentingan perusahaan mereka dan internet yang berbasis ekonomi sedang berkembang secara keseluruhan. "Keberhasilan Reddit adalah salah satu contoh kecil dari keberhasilan yang telah terjadi dalam industri kami dan akan terus kecuali jika RUU seperti sopa atau PIPA menjadi hukum yang syah," ujar Ohanian, Selasa.

Berdasarkan peraturan sopa atau PIPA akan memaksakan, Ohanian dan lainnya berdebat bahwa perusahaan pemula tidak akan mampu menangani biaya yang datang dengan mempertahankan situs mereka terhadap pelanggaran yang mungkin terjadi. Beberapa situs tersebut tidak akan sanggup membayar tim pengacara besar yang didirikan oleh situs seperti Google atau Facebook.

Target Undang-undang tersebut perusahaan asing yang tujuan utamanya adalah untuk menjual barang curian atau palsu, tetapi lawan mengatakan bahwa perusahaan domestik masih bisa bertanggung jawab untuk menghubungkan ke konten mereka. Sementara situs seperti Reddit tidak akan memiliki kewajiban hukum untuk memantau situs mereka sepanjang waktu, "Anda mungkin telah menggugat celana Anda dari Anda" jika Anda tidak, ujar Jayme Putih, staf direktur Subkomite Senat Keuangan perdagangan internasional.

Brad Burnham, managing partner di venture capital fund Union Square Ventures, mengatakan, pihaknya telah menghindari berinvestasi pada perusahaan yang terkait dengan industri musik karena risiko hak cipta tetapi di bawah undang-undang yang diusulkan, risiko yang akan melanda hampir semua perusahaan internet. SOPA dan PIPA, dia berkata, "mengambil resiko litigasi sembrono untuk seluruh Internet."

Yang harus menjadi perhatian, Burnham berkata, ketika Internet menyumbang 21 persen dari pertumbuhan ekonomi antara negara-negara maju, menurut satu studi.

Dampaknya bisa melampaui perekonomian, beberapa orang berpendapat. Rebecca MacKinnon, seorang rekan senior di nonpartisan New America Foundation, berpendapat bahwa jika platform blogging termotivasi untuk memantau konten mereka maka bisa memiliki pengaruh yang luar biasa pada masyarakat untuk melakukan wacana politik dan mencoba untuk menggunakan konten dalam konteks penggunaan yang adil.

Mengapa Penyedia/Pembuat Konten Menginginkan SOPA dan PIPA?

Content Grup seperti Motion Picture Association of America (MPAA), dan perwakilan bisnis seperti Kamar Dagang AS, berpendapat bahwa inovasi dan pekerjaan di konten menciptakan industri yang terancam oleh pembajakan Internet yang sedang berkembang. Situs luar negeri, menurut mereka, adalah tempat yang aman bagi perompak internet mengambil keuntungan dari konten mereka.

Menurut Pusat Kekayaan Intelektual global, yang merupakan bagian dari Kamar Dagang AS, intelektual properti sektor padat karya mempekerjakan lebih dari 19 juta orang di AS dan menciptakan $7,7 Triliun dalam output kotor. Para operator situs Asing saat ini di luar batas-batas hukum AS; Sopa dan PIPA akan membantu memadamkan aktivitas internet yang tidak sah.

Dalam sebuah pernyataan, mantan Senator Chris Dodd, yang sekarang ketua dan CEO dari MPAA, disebut hari pemadaman "tipu muslihat." "Ini adalah perkembangan yang berbahaya dan mengganggu ketika platform yang berfungsi sebagai gateway untuk informasi dengan sengaja membelokkan fakta-fakta untuk menghasut pengguna mereka dalam rangka untuk memajukan kepentingan perusahaan mereka," kata Dodd.

Dimana Undang-Undang/Legislasi ini berdiri?

Penentang SOPA dan PIPA dirayakan pada awal bulan ini, authors dari kedua RUU memutuskan untuk menyisihkan aspek paling kontroversial di antaranya bahasa yang akan mengizinkan Justice Department force Internet Service Providers untuk memblokir domain "nakal" yang diduga situs asing. Juga, selama akhir pekan, Gedung Putih menyarankan ingin melihat modifikasi pada undang-undang tersebut. Senat dijadwalkan melakukan pemungutan suara prosedural tentang PIPA pada 24 Januari.

Komite Kehakiman DPR Ketua Lamar Smith, R-Texas, yang disponsori SOPA, mengatakan Selasa, ia mengharapkan panitia untuk melanjutkan pekerjaan tentang RUU House di Februari.

Rep. Darrell Issa, R-Calif, sementara itu, bertentangan dengan undang-undang dan hari ini akan resmi memperkenalkan alternatif. Perlindungan Online dan Penegakan Digital (OPEN) Undang-Undang Perdagangan. Issa mengatakan Selasa ia mengharapkan RUU untuk memiliki lebih co-sponsor dari SOPA ada dalam DPR dan bahwa "anggota Kongres sekali melihat alternatif. Saya pikir kita bisa mendapatkan konsensus."

OPEN Act akan membuat Komisi Perdagangan Internasional, bukan Departemen Kehakiman, yang bertanggung jawab untuk kepolisian Amerika koneksi ke situs asing jahat. Menempatkan tanggung jawab itu di tangan satu kesatuan, daripada sistem seluruh pengadilan, akan membuat proses lebih transparan, Ujar Issa.

Reactions:

1 comments: