Badai Matahari 2012 | Dampak, Akibat, Prediksi dan Fenomena

Badai Matahari 2012 | Dampak, Akibat, Prediksi dan Fenomena - Sebagai pembukaan, badai matahari telah terjadi kemarin mulai 23 Januari 2012 tapi fenomena itu terjadi hanya beberapa jam saja. Fenomena Badai Matahari 2012 ini memancarkan gelombang kejut sampai 150 juta KM kemudian menyebar melalui beberapa planet diantaranya adalah Merkurius, Venus dan Bumi. Di negara kita memang tidak terlalu merasakan akan dampak yang terjadi dari fenomena Badai Matahari tersebut. Hanya saja, daerah yang paling merasakan pengaruh dari badai matahari ini adalah beberapa kawasan dibagian Bumi utara seperti daerah kutub utara. Tidak ada data resmi yang mengungkapkan bahwa badai matahari tersebut telah menghancurkan Satelit komunikasi tapi sampai saat ini pihak LAPAN sedang meneliti.

Badai Matahari 2012 | Dampak, Akibat, Prediksi dan Fenomena

Bagaiamana Fenomena Badai Matahari 2012 itu Terjadi?

Menurut sebuah laporan resmi, badai matahari pada dasarnya adalah aktifitas rutin ketika matahari mengeluarkan gelombang elektromagnetik sampai ke luar orbitnya dengan beberapa ledakan yang dihasilkan. Di bumi, beberapa ledakan tersebut terlihat sebagai bintik-bintik dan pada saat itulah permukaan matahari sedang memancarkan gelombang panas yang tidak biasa. Bahkan, energi yang dipancarkan juga sangat besar.

Gelombang yang terjadi akibat badai matahari dapat menghancurkan apa saja yag dilewatinya termasuk satelit komunikasi dan satelit Global Positioning System (GPS). Fenomena ini terjadi karena Ejeksi Massa Korona dimana pada saat itu lontaran massa dari korona matahari seperti proton sedang bergerak dengan kecepatan tinggi. Sehingga akan menghancurkan apa pun yang dilewatinya.

Inilah Prediksi Badai Matahari 2012-2013

Jika ini benar, pada tahun 2013 nanti kemungkinan besar akan terjadi puncak aktifitas dari badai matahari tersebut. Karena telah diprediksi bahwa aktifitas ledakan yang paling banyak akan terjadi dan juga bintik matahari bertambah banyak. Benar atau tidak, hal ini masih sebuah prediksi. Artinya anda tidak perlu risau akan hal ini.

Dampak dan Efek Badai Matahari 2012

Menurut informasi resmi, dampak dari badai matahari akan terasa pada tahun 2013. Entah, apakah itu benar atau tidak. Tetapi badai matahari akan terasa pada puncak siklus ataupun setelah badai terjadi dan ddampaknya radiasi badai matahari ini tidak merusak tubuh ataupun kulit, hanya saja akan mengganggu satelit.

Planet kita mempunyai dua pelindung yang sulit untuk dilihat dengan mata makhluk hidup. Apa dua pelindung itu?  Tahukah anda apa itu Lapisan magnetosfer? Itu adalah sebuah lapisan yang mengelilingi Bumi pada jarak 95 Ribu KM di atas permukaan Bumi yang menjadi pelindung tak kasatmata. Lapisan magnetosfer terbentuk oleh medan magnet Bumi dan sejak awal terciptanya Bumi, lapisan ini telah menjadi pelindung bagi semua makhluk terhadap aktifitas berbahaya dari langit termasuk badai matahari.

Kemudian lapisan kedua yang melindungi Bumi adalah lapisan atmosfer yang terdapat pada ketinggian 80 KM di atas permukaan Bumi. Lapisan ini berada disekitar kutub utara dan kutub selatan, sehingga ketika badai matahari datang secara otomatis akan disaring oleh medan magnet Bumi yang rapat di sekitar kutub. Kemudian, badai matahari akan melepaskan semua energinya yang berbahaya melalui cahaya dalam berbagai warna (aurora).

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar