Inilah Dua Tools Anti Hacking Terbaik

Saat akses internet semakin cepat dan mudah didapatkan  seperti sekarang ini, mendapatkan informasi atau menemukan tools untuk melakukan hacking tidaklah sulit. Berbagai tools dirancang dengan kemampuan injection, sniffing, brute force dapat didownload dengan cepat dan mudah. Tetapi kebalikannya, untuk menemukan Tools Anti Hacking ternyata tidaklah semudah menemukan tools-tools untuk melakukan hacking maupun mendownloadnya. Namun, bisa saja anda dengan cepat dapat menemukan berbagai program seperti, Anti Hijack, Firewall, maupun aplikasi Shield untuk menahan serangan malware, Trojan, backdoor dan juga berbagai ancaman lainnya. Tetapi yang jadi pertanyaan saya, bagaimana anda mengetahui bahwa tools tersebut bagus untuk kondisi computer anda sekarang? Karena masalah sebenarnya adalah anda tidak akan tau kapan serangan tersebut akan terjadi.
Mengamankan sebuah system tdaklah semata-mata tergantung pada tools tertentu, namun bagaimana anda dapat menggunakan tools tersebut dengan maksimal. Maka secara garis besar, tools anti hacking terbaik adalah pemahaman kerja tentang bagaimana serangan tersebut bisa terjadi. 

1. Netstat





Netstat merupakan perintah command line yang berfungsi untuk menampilkan incoming dan outgoing koneksi jaringan, routing table dan juga statistik interface jaringan. Ibarat kita memiliki sebuah rumah, tentunya kita memiliki hak untuk melihat-lihat berbagai sudut rumah kita dengan berbagai cara, entah dengan memasang camera CCTV disetiap sudut rumah. 

Begitu pula dengan system computer kita, berbagai koneksi yang terjadi dengan menggunakan por-port tertentu dan hal tersebtu dapat diketahui dengan bantuan salah satu tools yang bernama Network Statistic (Netstat). Parameter yang disedikanan Netstat dapat anda lihat dengan mengetikkan netstat /? Pada command prompt. 


2. Netcat




Netcat merupakan sebuah utility yang berukuran kecil namun memiliki kemampuan yang besar. Tugas yang dilakukan Netcat cukup sederhana, yakni membaca dan menulis dari/ke jaringan computer dengan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) maupun UDP (User Datagram Protocol). Walaupun pada awalnya Netcat hanya dibuat untuk Operating System berbasis Unix, tetapi sekarang telah terdapat versi untuk platform Windows. 

Sekilas memang tidak ada yang istimewa dengan Netcat dan tidak ada tampilan GUI karena Netcat dijalankan dengan Command line. Namun, jangan menganggap remeh fungsi-fungsi yang dapat dilakukan oleh Netcat. Untuk dapat berkomunikasi antar jaringan, Netcat menciptakan sebuah socket (Default melalui TCP) yang bekerja pada listening mode (bisa dikatakan sebagai socket server) dan socket lainnya yang berfungsi sebagai client mode serta melakukan koneksi pada server. Komunikasi tersebut menggunakan port yang terbuka.
Sekian informasi dari saya. Terima kasih.

Reactions:

3 comments:

  1. masalah hacking ini memang seperti lagu kebangsaan, yg setiap hati berkumndang.dan artikel dua tool terbaik anti hacking ini cukup memberi solusi.
    terus terang netstat ni baru ane denger dari postingan ini.. thnk sudah berbagi

    BalasHapus
  2. Tools anti Hacking ini bermanfat sob. oya kalo ga salah, aturan ToS per page ads konten 3, search 2, link 3. hati2 sob. btw nice setting :)

    BalasHapus
  3. @Tips wisata murah: Oke bang sama2 udah berkunjung di blog ini. Happy Blogging.
    @memoralibia: Oke, sob thanks atas nasihatnya, akan saya benahi nanti. Thanks. :)

    BalasHapus