Bersyukurlah Dengan Segala Sesuatu Yang Kita Miliki

Ada sebuah cerita yang sangat menarik yang bisa untuk di petik hikmahnya. Tepatnya saat saya berada di warung pinggir jalan raya milik teman. Waktu itu malam telah menunjukkan denting 12. Secara tak sengaja saya melihat kejadian yang sungguh membuat hati ini bergetar seraya meminta ampun kepada Allah. Astagfirullah,,betapa tidak bersyukurnya diri ini ketika melihat seorang bapak yang sudah tua dan berpakaian kusut naik sepeda dengan membawa barang-barang rongsokkan di dalam karung.




Barang-barang tersebut sepertinya botol-botol yang ia punguti di pinggir jalan. Kemudian saya terus melihat orang tersebut karena saya tidak tega jika ada orang yang sudah sangat tua hidupnya seperti itu. Saya kaget, orang tersebut turun dari sepedanya dan saya kira mau mampir ke warung. Namun, ternyata orang tersebut mau menyebrang pinggir jalan dan memungut sebuah gelas plastik aqua.

Serentak, hati saya merintis menangis setelah melihat kejadian itu. Bagaimana tidak, dia hanya berniat mengambil sebuah gelas plastik aqua dan perlu anda ketahui bahwa orang tersebut kaki kirinya pincang/cacat. Ya Allah, ampunilah hamba karena kurang bisa mensyukuri atas apa yang Engkau anugerahkan kepadaku selama ini. Kemudian orang itu menyebrang jalan raya kembali menaiki sepedanya dan pergi entah kemana.

Bayangkan, orang itu hanya turun dari sepedanya hanya berniat mengambil gelas plastik. Mungkin bagi kita gelas plastik tersebut tak ada harganya sama sekali tetapi bagi orang lain sangat berarti. Bagi orang lain barang-barang seperti itu bisa untuk menyambung hidupnya. Terutama bagi pemulung.

Mungkin Allah memang berniat mengingatkan saya atas kurang bersyukurnya saya selama ini dengan apa yang Allah berikan. Saya hanya berpesan kepada teman-teman sekalian. Bersyukurlah atas apa yang kita miliki. Syukurilah kesehatan tubuh anda karena di luar sana banyak orang yang mungkin tidak sehat seperti kita, contohnya cacat. Kedua, syukurilah rizki yang di berikan Allah kepada anda sekalipun menurut anda masih kurang. Niscaya jika anda mau bersyukur pasti Allah akan menambahkannya. Jangan mengeluh atas harta yang anda milki karena masih banyak saudara-saudara kita yang kekurangan, seperti orang yang saya sebutkan di atas tadi.

Jika kita punya rizki lebih maka alngkah mulyanya jika kita mau menyisihkan sedikit rizki yang kita miliki untuk kita shodaqohkan kepada orang yang tidak mampu. Ingat, harta apapun yang anda miliki hanyalah titipan dari Allah. Maka sudah sepantasnya kita menyisihkan sedikit titipan rizki dari Allah tersebut kepada orang lain agar menjadi barokah bagi hidup kita. Amin.

Reactions:

9 comments:

  1. termenung sejenak ,membangkitkan perasaan gan artikelnya ,jadi kepikiran nih heheheh

    BalasHapus
  2. terima kasih ceritanya...
    indah sekali.. banyak dari kita yang baru berpikir untuk mensyukuri nikmat setelah melihat perbandingan dari orang lain yang kurang menurut kita.

    Padahal bersyukur bukan saja mensyukuri bagaimana keadaan kita. Yang lebih penting diri ini, pikiran ini, wajah ini, dan jantung ini, dan semuanya adalah hal yang seharusnya kita miliki.

    BalasHapus
  3. @Asfa Blog: monggo mas sudah sepantasnya untk sejenak kembali berenung tentang nikmat hidup.

    @Edward Rhidwan: Iya mas seharusnya kita harus bisa mensyukuri segala nikmat hidup ini terutama kesehatan kita yang mahal harganya! banyak orang di luar sana yg tak bisa bekerja karena kondisi fisiknya tak mampu. karena sekaya apapun manusia jika dia tak mampu untuk bersyukur maka dia tdk pantas menjadi orang kaya. Namun, semiskin apapun seorang manusia jika dia mampu bersyukur maka dia pantas disebut orang kaya, karena dia mampu mensyukuri sekecil apapun nikmat yg diberikan Allah.

    BalasHapus
  4. makasing sharingnya, kasihan bapak tua tsb tapi semangat hidupnya patut kita contoh. cayoo!! semangat!! ^^

    BalasHapus
  5. Yups, sudah seharusnya kita yg mempunyai fisik normal mensyukurinya dg baik! Thanks kunjungannya.

    BalasHapus
  6. bener banget bro, barang siapa bersyukur niscaya allah swt. akan menambah rezeki/nikmat ke kita.. amiin...

    BalasHapus
  7. Iya gan, bersyukur adalah kunci utama untuk mendapatkan rizki yg berlipat ganda dari Allah SWT. Oh ya thanks atas kunjunganya sob. :)

    BalasHapus
  8. Setelah seharian ikut nimbrung masalag google adsense banned massal, kini saatnya merenung membaca artikel sejenak dan mensyukuri apa yang kita punya. terima kasih sob,bisa untuk spirit nih...

    BalasHapus
  9. keren min postingnya, jadi terharu nih. lanjut terus ke artikel berikutnya ya? salam blogger indonesia.

    BalasHapus