Mengenal Lebih Dalam Rahasia Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau biasa dikenal dengan SEO merupakan serangkaian metode dengan memanfaatkan mekanisme kerja alogaritma mesin pencari yang dilakukan secara akurat dan sisitematis serta bertujuan untuk menaikkan peringkat suatu Web maupun Blog dalam mesin pencari atau biasa disebut dengan SERP. SERP sendiri merupakan singkatan dari kata Search Engine Result Page yang berarti hasil pencarian mesin pencari terhadap halaman Web maupun Blog tersebut. Secara garis besar, SEO sendiri mempunyai tujuan yakni agar suatu Web maupun Blog agar dapat muncul dihalaman pertama hasil pencarian suatu mesin pencari, baik itu mesin pencari Google, Yahoo maupun Bing.  Web maupun Blog kita sebenarnya bisa muncul dihalaman pertama hasil pencarian mesin pencari jika kita mampu menerapkan ilmu SEO tersebut secara benar. Namun, pada kenyataannya SEO sendiri mempunyai rahasia yang membuat sebagian blogger penasaran karena SEO memang mempunyai rahasia yang unik.


Sebenarnya alogaritma suatu mesin pencari memang tidak dapat diprediksi secara akurat dan pasti disebabkan karena banyak faktor yang tidak semuanya dapat kita ketahui sebagai seorang blogger, sehingga SEO selalu memiliki rahasia yang unik bagi para blogger. Walaupun SEO memiliki rahasia yang unik, namun pada kenyataannya tetap ada saja faktor untuk membuat blog kita menjadi lebih SEO friendly dimata search engine dan pada akhirnya membuat blog kita mempunyai rangking yang lebih baik dihalaman hasil pencarian suatu mesin pencari. Berikut beberapa faktor dari saya yang membuat blog kita dipandang SEO friendly oleh suatu search engine:


1.    Nama Domain blog bagus

2.    Hosting stabil

3.    Template blog ringan namun tetap elegan

4.    Artikel blog bukan hasil copy paste/Duplicate content

5.    Penempatan Keyword yang optimal dalam artikel

6.    Rutin update artikel blog

7.    Loading blog gak LoLa alias Loading Lama

8.    Mendapatkan Backlink yang bagus dan berkualitas

Semua faktor-faktor yang saya sebutkan diatas setidaknya bisa menjadi langkah awal untuk membuat blog kita dipandang lebih SEO dimata search engine dan pada akhirnya menempatkan blog kita dijajaran terdepan hasil pencarian mesin pencari, baik Google, Yahoo maupun Bing. Sebenarnya masih ada banyak sekali faktor untuk menjadikan suatu blog tersebut dipandang SEO oleh search engine. Namun, dengan mengetahui beberapa faktor diatas setidaknya bisa menjadi bekal buat kita untuk langkah awal pertama mengoprek blog kita agar terlihat lebih SEO disisi search engine. Jadi, jika anda berminat membuat blog untuk bisnis online maka alangkah baiknya jika anda mengoprek blog anda agar tampil lebih SEO karena insyaallah akan membuat traffic blog anda meningkat.

Namun, pesan saya jangan hanya mengandalkan dari sisi SEO saja karena target sebenarnya pengunjung blog kita adalah manusia bukan robotnya search engine. Kita sebagai seorang blogger tetap istimewakan pengunjung blog kita kawan karena untuk apa kita harus buat blog dan capek-capek menulis artikel kalau gak buat pengunjung blog kita, ya gak? Namun, jadikan SEO sebagai tools pelengkap didalam blog kita untuk menunjang perkembangan blog kita dimata search engine supaya lebih optimal. Terima kasih.

Reactions:

4 comments:

  1. wah blog saya dah memenuhi sarat blm yah :bingungs

    BalasHapus
  2. hahaaha...jelas udah memenuhi sarat lah gan, domainya ajah bagus dan bukan gratisan kayak blogku!hehehe
    barusan aja aku lihat blogmu.
    trims gan atas kunjunganya diblog yang sederhana ini.

    BalasHapus
  3. @Tips komputer dan bisnis online: maaf mas baru sempat balas! Oh ya terima kasih juga atas kunjungannya mas...

    BalasHapus