8 Hal Yang Membuat Pikiran Anda Stres

Stres merupakan suatu penyakit yang sering menghinggap ke berbagai orang pada saat-saat sekarang ini. Stres merupakan bentuk depresi mental dan kejiwaan seseorang atas suatu masalah yang menimpa dirinya. Bahkan, bisa dikatakan juga stres tersebut merupakan suatu bentuk penyesalan yang berlebihan terhadap suatu kejadian atau masalah sehingga menyebabkan mental pikiran seseorang tersebut menjadi down. Disaat perekonomian kehidupan serba sulit dan mahal seperti sekarang ini memang banyak memicu munculnya bibit-bibit penyakit stres, belum lagi ditambah sulitnya mencari pekerjaan pada saat sekarang ini. Namun, seperti banyak penyakit lainnya, stres tersebut tetaplah bisa kita hindari maupun kita cegah asalkan kita mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Berikut 8 Hal Yang Membuat Pikiran Anda Stres:


1.    Terlalu Sibuk Dengan Urusan Pekerjaan.

Apa jadinya jika hidup ini kita pergunakan hanya untuk bekerja dan terus bekerja. Bangun pagi untuk bekerja, kemudian pulang kerja hanya untuk istirahat dan tidur, kemudian besoknya harus bekerja lagi dan terus seperti itu siklus hidup kita. Memang pada kenyataanya kita dituntut wajib untuk bekerja mencari nafkah untuk keluarga maupun diri kita sendiri. Namun, sudah sadarkah anda bahwa jika hidup ini kita gunakan hanya untuk bekerja maka kebosanan dan kejenuhan akan menghampiri pikiran kita dan ujung-ujungnya berbagai penyakit akan menghinggapi tubuh kita termasuk stres. Usahakan seminggu sekali atau sebulan sekali anda luangkang waktu 1-2 hari untuk merefresh pikiran dan tubuh anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan jalan berwisata ke gunung maupun ke pantai. Hal tersebut juga sangat membantu sekali terutama jika anda sedang ada masalah pada pekerjaan anda.

2.    Kurang Istirahat.

Istirahat merupakan hal terpenting dalam siklus kehidupan kita sebagai makhluk di bumi ini. Kita ambil saja contoh sepeda motor. Jika sepeda motor tersebut dijalankan tanpa di istirahatkan atau di matikan, maka sudah dapat dipastikan sepeda motor tersebut akan cepat turun mesin. Begitu juga dengan manusia, jika kita kurang istirahat maka kemungkinan besar tubuh kita akan mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk stres.

3.    Kurang Olahraga.

Pada saat-saat sekarang ini banyak orang yang menyepelekan yang namanya olahraga. Padahal olahraga tersebut banyak sekali manfaatnya seperti, membakar timbuna lemak dalam tubuh, tubuh menjadi lebih segar dan sehat, melemaskan otor-otot yang kaku dan masih banyak manfaat lainnya lagi. Olahraga juga dapat merefresh pikiran kita dari kepenatan hidup karena saat olahraga otot-otot dan gerak tubuh kita mengeluarkan keringat yang sebenarnya merupakan penyakit. Bagaimana jika anda kurang olahraga? Sudah dapat dipastikan banyak penyakit yang akan menghinggapi tubuh anda dan menjadi pemicu awal munculnya stres.


4.    Sering Marah-marah dan Emosi.

Ada yang mengatakan bahwa jika kita sering marah-marah akan menyebabkan cepat tua. Sebenarnya ada benarnya juga, karena saat kita marah-marah, otot-otot dikepala mengerut kaku dan menyebabkan tekanan darah naik. Percaya atau tidak percaya, tapi yang jelas orang yang sering marah-marah juga dapat menyebabkan stres.

5.    Kurang Bergaul Dengan Lingkungan Sekitar.

Nah, hal ini malah lebih berbahaya. Apa jadinya jika hidup ini kita tak pernah bergaul dengan lingkungan sekitar? Kita hanya dirumah sendiri tanpa teman? Ketauhilah, hal tersebut dapat menyebabkan berbagai tekanan pada pikiran kita dan ujung-ujungnya menyebabkan stres. Malah kita akan menjadi orang yang kuper.


6.    Rasa Takut dan Cemas Yang Berlebihan.

Rasa takut dan cemas yang berlebihan terhadap suatu hal atau kejadian dapat menyebabkan tekanan pada pikiran dan mental kejiwaan kita. Ujung-ujunnya akan sering stres karena rasa takut dan cemas berlebihan tersebut telah menjadi bagian hidup anda. Usahakan unutk menghilangkan rasa takut dan cemas tersebut dengan cara yakni tenang dalam menghadapi masalah apapun lalu kita kembalikan semua masalah yang membuat kita takut dan cemas tersebut kepada Allah. Sabar dan ikhlas adalah kuncinya dalam menghadapi masalah sebesar dan seberat apapun.


7.    Sering Memendam Masalah Sendirian.

Jika kita mempunyai masalah, usahakan untuk mencerutakannya kepada orang terdekat kita dan jangan sekali-sekali memendam masalah tersebut sendirian. Jika anda sering memendam masalah sendirian maka akan sangat cukup untuk membuat pikiran anda stres.


8.    Sering Mengeluh Kepada Keadaan.

Nah, hal seperti ini malah lebih gawat. Jika anda sering mengeluh kepada keadaan tanpa melakukan sesuatu hal untuk merubah keadaan. Jika diri anda sudah merasa tak mampu lagi untuk berbuat sesuatu, maka kembalikan semua masalah tersebut kepada Allah. Hal tersebut bisa membuat pikiran beserta hati anda menjadi tenang dan plong.

Mungkin hanya uraian singkat di atas yang bisa saya sampaikan kepada anda. Nah, sekarang bagaimana penyebab stres menurut anda? Silahkan tuangkan ke kolom komentar. Terima Kasih.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar