Tips Dan Cara Mendaftarkan Blog ke 3 Mesin Pencari Raksasa

Jika Blog kita bisa muncul dan terindeks dihalaman hasil pencarian mesin pencari Google, Yahoo maupun Bing memanglah sesuatu yang menyenangkan bagi kita. Namun, Jangan pernah berangggapan dengan hanya membuat sebuah Blog maka secara otomatis Blog kita tersebut telah muncul dan terindeks diberbagai mesin pencari, seperti Google, Yahoo maupun Bing. Karena pada kenyataannya untuk membuat blog kita bisa muncul dan terindeks dihalaman hasil pencarian diberbagai mesin pencari memanglah terlebih dahulu kita harus mendaftarkan blog kita ke mesin pencari tersebut baik itu Google, Yahoo, Bing dan Search Engine lainnya. Nah, disini saya akan memberikan sedikit penjelasan untuk mendaftarkan Blog ke berbagai mesin mencari, seperti Google, Yahoo, Bing dan juga berbagai mesin pencari lainnya. Penjeasan disini saya khususkan bagi anda yang mungkin belum pernah mendaftarkan Blognya ke berbagai mesin pencari dan juga terutama saya khususkan untuk pengguna blog berplatform blogger.


Sekarang jumlah mesin pencari memang sangat banyak sekali di internet, namun search engine yang paling terkenal dan paling sering digunakan mayoritas pengguna internet hanyalah  3 Mesin pencari yakni Google, Yahoo, dan Bing. Untuk langkah-langkah mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari tersebut, silahkan anda baca artikel berikut:


1.    Daftar ke Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google merupakan mesin pencari terbesar saat ini dan mayoritas orang di internet lebih banyak menggunakan Google untuk mencari informasi yang diinginkanya.Untuk mendaftarkan Blog anda ke google,anda terlebih dahulu harus memiliki account di Google(Account Gmail) untuk Login ke layanan Google Webmaster Tools, kemudian silahkan anda kunjungi situs Google Webmaster Tools berikut: http://google.com/webmasters/tools/. Nah apabila anda sudah  login ke layanan Google Webmaster tools, sekarang ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, silahkan anda simak langkah-langkah berikut :

1.    Masukkan URL Blog anda dikolom yang disediakan.

2.    Kemudian Klik Add Site

3.    Klik Verify Your Site

4.    Klik Add Meta Tag/Upload HTML pada drop down menu

5.    Kemudian copy kode untuk meta tag dan download untuk versi HTML yang diberikan oleh Google Webmaster Tools.

6.    Silahkan login ke account Blogger anda»Dasboard»Pilih Design»Pilih Edit HTML»Kemudian silahkan copy kode  dari Google Webmaster tools tersebut dan pastekan dibawah tulisan <head> kemudian Save Template. Catatan: untuk mempermudah pencarian kode <head>, silahkan menekan Ctrl+F kmudian copy kode <head> dikolom pencarian tersebut.

7.    Kembali ke halaman Google Webmaster Tools. Kemudian klik Tombol Verify dan jika proses berhasil maka akan menampilkan layar summary dan memberitahukan bahwa anda telah berhasil.

8.    Selesai.


2.    Daftar ke Mesin Pencari Yahoo

Selain menggunakan mesin pencari Google, mayoritas orang diinternet juga banyak yang menggunakan layanan dari Mesin Pencari Yahoo tersebut terlebih lagi jika mereka pada dasarnya memang lebih menyukai layanan Yahoo dari pada Google. Untuk mendaftar ke mesin pencari yahoo, silahkan anda kunjungi http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit.  Untuk mendaftarkan Blog anda ke Search Engine Yahoo, terlebih dahulu anda harus mempunyai account email di yahoo, karena akan di perlukan untuk login ke account webmaster yahoo. Jika anda belum punya Email di yahoo silahkan anda membuatnya terlebih dahulu.  Namun jika anda sudah punya, anda tinggal login dengan username dan password Email Yahoo anda. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL Blog anda, kemudian klik tombol Add URL, selesai.


3.    Daftar ke Mesin Pencari Bing

Bing merupakan mesin pencari buatan Microsoft yang telah mencatatkan prestasi dari sisi jumlah pengguna mesin pencarinya yang terus menerus meningkat sampai sekarang.Nah, sekarang untuk daftar ke Search Engine Bing, silahkan anda mengunjungi situs berikut: http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx  Kemudian silahkan anda isi huruf verifikasi dan URL Blog anda pada kotak yang disediakan, kemudian klik tombol Submit URL.


Catatan:

Jika anda menginginkan agar blog anda terindeks pada puluhan mesin pencari, anda bisa menggunakan bantuan situs submitter. Silahkan klik link berikut : http://freewebsubmission.com/
Kemudian silahkan mengisi alamat URL blog anda dan mengisi alamat email anda, kemudian klik tombol Submit Your Site. Namun, jika anda ingin Blog anda lebih cepat terkenal, anda bisa lakukan ping ke bebagai agregator, silahkan klik link berikut :  http://pingomatic.com

Mudah bukan langkah-langkah yang saya berikan diatas. Munkin sampai disini saja penjelasan saya dan semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Terima kasih.

Reactions:

7 comments:

  1. wah sip neh, jadi blog kita dikenal ma ke3 se itu yaa

    BalasHapus
  2. Iya mas bro bner! ah tp masak sih mas bro kagak tau info kyak gituan,soale mas bro kn lbih profesional?hehehe..
    thanks atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. nice info bos,gimana gan GA nya sudah di approve belum?

    BalasHapus
  4. @asfasun..
    Wah belum sob..
    thanks udah berkunjung

    BalasHapus
  5. mantep infone, kayaknya perlu dicoba biar blog saya bisa rame :D

    thks

    BalasHapus
  6. alexa rank q ga naik-naik....

    BalasHapus