Rahasia Perkembangan Google yang Sangat Pesat

Hari gini siapa sich yang gak kenal sama Google? Mulai dari anak-anak sampai bapak-bapak sekalipun 98% sudah mengenal yang namanya Google.  Loh, trus yang 2% persen siapa kok gak kenal sama mbah Google? Kalau menurut saya yang 2% pastinya ya bayi yang baru lahirlah dan sama orang yang belum beruntung.hehehe, bercanda…    Nah, semuanya pasti sudah tau kan sejarahnya Google gimana tetapi kalau anda belum tau sejarahnya, silahkan anda baca Postingan saya yang berjudul “Kisah 2 Mahasiswa P.hD. Universitas Stanford”.  Oke, biar gak berlarut-larut langsung saja saya kupas rahasia perkembangannya Google di sini. Google menjadi populer dikalangan pengguna internet dikarenakan hasil pencariaanya yang sangat relevan selain itu juga karena desainnya Google pun sangat sederhana, rapi dan bersih.


Mesin pencari Google adalah mesin pencari di internet yang berbasis di Amerika Serikat dan kantor pusat Google di Mountain View, California. Google adalah salah satu mesin pencari paling populer di internet dan menerima setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap harinya melalui situs webnya sendiri dan situs web klien-kliennya seperti AOL, Yahoo dan CNN.  Google dalam perkembagannya, pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, secara diam-diam Google semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba. Terbukti bahwa konsep penjualan iklan Google berdasarkan Keyword sehingga Google menjadi lebih relevan kepada para penggunanya dan iklan-iklan tersebut diharuskan menggunakan teks saja agar desain halaman tetap rapid an loadingnya halaman pun juga cepat.

Pada September 2001, mekanisme Page Rank Google diberikan Hak Paten Amerika dan Hak Paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan Lawrence Page sebagai Sang Pencipta.  Di masa awal perkembangannya Google berhadapan dengan saingannya pertama yaitu Yahoo, namunhasilnya Google menang telak dalam saingan tersebut. Kemudian Google berhadapan juga dengan MSN namun MSN pun juga kalah dalam persaingan tersebut. Lalu dengan Baidu, Google pun mengalahkan Baidu secara WorldWide kecuali di China.  Sampai pada akhirnya Google mendapatkan saingan baru dari Microsoft yaitu Bing, sebuah mesin pencari baru yang telah mencatatkan prestasi dari sisi jumlah pengguna yang terus menerus meningkat namun sekalipun Bing menunjukkan perlawanan yang ketat tetapi akhirnya Google yang menjadi pemenang dalam persaingan tersebut.

Pada tahun 2003, Google menambah seorang petugas pengembangan di New York City yang telah bertanggung jawab untuk lebih dari 100 Proyek Pengembangan Google, termasuk Google Maps, Google Spreadsheet, dan lainnya.   Kemudian pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs yaitu pemilik Blogger yang notabena adalah sebuah situs Web pionir dan pemimpin Hosting Weblog pada saat itu.  Sepertinya langkah dalam membeli Pyra Labs tersebut tampak tidak konsisten dengan Misi Umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting Blog untuk memperbaiki kecepatan dan Relevansi artikel-artikel di Google News.

Dan pada masa puncak keemasannya pada awal 2004, Google mengurus hamper 84% dari seluruh permintaan pencarian di internet melalui situs webnya sendiri dansitus web milik klien-kliennya seperti Yahoo, AOL dan CNN.   Pada tanggal 19 Agustus 2004, Google mengumpulkan dana $1,67 Milyar dan menjadikannya bernilai $23 Milyar melalui berbagai jenis pengembangan produk baru dan pengambil alihan mitra.  Google telah memperluas bisnis pencarian yang awalnya iklan hingga ke area lainnya temasuk Email berbasis Web, Pemetaan Online, Produktivitas Perusahaan dan Bertukar Video.

Sedangkan pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di internet yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar 53,6%, kemudian Yahoo 19,9% dan Live Search 12,9%.  Google memiliki milyaran halaman Web, sehingga pengguna bisa mencari informasi yang mereka inginkan melalui penggunaan Keyword(baca: Kata Kunci).  Perkembangan lainnya Google juga telah menggunakan Tekhnologi Pencarian lainnya, seperti Pencarian Gambar, Google News, Situs Perbandingan Harga Google Product Search, Arsip Usenet Interaktif Google Groups dan lainnya. Product-product terobosan inovatif lainnya yang mungkin anda pun juga sudah tau, seperti Google Adwords, Google Adsense, Google Analystic, Google Earth, Gmail, Blogger dan lainnya.

Dari semua perkembangan tersebut, Google mempunyai beberapa Strategi yang membuatnya berkembang pesat, antara lain:

1.    Semangat Bekerja Keras dan Pantang Menyerah.

            Sudah tau kan dari awal mula Google berdiri bahwa Semangat bekerja keras dan pantang menyerah telah tercermin dari dalam diri Sang Pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin, disaat awal Google berdiri mereka berdua sampai mengumpulkan komputer-komputer bekas demi memenuhi kebutuhan server mereka.

2.    Don’t be Evil

   Apa yang membedakan Google dengan Search Engine lainnya adalah kejujurannya dan kerelevanannya disetiap hasil pencarian.  Jika Search Engine lainnya pada awal mulanya adalah hasil pencariannya yang menduduki rangking paling atas ialah yang membayar paling tinggi, sedangkan Google tidak. Hasil pencarian Google yang paling atas adalah situs-situs yang paling banyak di referensikan oleh situs-situs lainnya dan Sistem Pemeringkatan ini di sebut Page Rank.

3.    Mengumpulkan Pengguna Terlebih Dahulu, Baru Setelah itu Mengumpulkan Uang.

       Sungguh strategi Google yang sangat luar biasa ampuh.  Apakah Google pernah memugut biaya ke kita semua atas penggunaan Mesin Pencari mereka dan juga Product mereka, seperti Google Earth?  Jawabannya, tidak pernah sama sekali.  Google tidak pernah memungut biaya untuk menggunakan Mesin Pencari mereka dan siapa saja pengguna internet bebas memakainya, seperti TV dan Radio yang kita bebas menikmatinya.  Rumus Google adalah “Bahwa Semakin Banyak Pengguna maka Semakin Banyak Pula Pemasang Iklan yang akan Meminatinya”. Seperti hokum Ketertarikan saja ya?hehehe…

4.    Inovasi yang Tak Pernah Usang

            Google adalah tempat para pakar memikirkan bagaimana memecahkan masalah terlebih dahulu baru kemudian memikirkan product. Kemudian setelah produk tersebut telah jadi, mereka ganti memikirkan bagaimana memasarkan product tersebut.

5.    Google Sangat Menghargai Karyawannya

          Sunnguh keputusan yang bijaksana dari para pendiri Google, dimana Google memperlakukan karyawannya seperti keluarga mereka sendiri dan mereka menciptakan suasana kerja yang nyaman di tempat kerja mereka yang disebut Googlepex.  Bahkan, untuk antar jemput karyawannya, Google telah menyediakan Bis antar jemput yang dilengkapi internet wireless dengan akses yang cepat.  Dari data yang didapatkan di Tahun 2010, bahwa jumlah karyawan Google berjumlah 20ribu orang..Woww banyak banget…hehehe


Bagaimana Google menurut anda? Silahkan tuangkang ke kolom komentar. Terima kasih

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar