Kisah 2 Mahasiswa P.hD. Universitas Stanford

Siapa yang tidak kenal Google, sebuah mesin pencari raksasa dan terpopuler di internet sekarang ini.  Namun, sudah tahukah anda bahwa ada sekelumit kisah menarik dari 2 mahasiswa tersebut yang berada di balik berdirinya Google.  Larry Page dan Sergey brin, mereka adalah 2 mahasisiwa P.hD. Universitas Stanford.  Google lahir dari pertemuan 2 pemuda tersebut yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 silam.  Dalam pertemuan tersebut, mereka berdua sering terlibat diskusi panjang dan keduanya memiliki pendapat serta pandangan yang berbeda sehingga sering terlibat perdebatan. Namun, perbedaan pemikiran mereka tersebut justru menghasilkan suatu pendekatan unik dalam menyelesaikan suatu tantangan terbesar pada dunia computer saat itu. Yaitu masalah bagaimana mendapatkan kembali data dari set data masif.


Google berawal dari proyek penelitian Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996. Mereka mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan pada analisis matematika.  Hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik dari pada dengan menggunakan tekhnik-tekhnik dasar yang digunakan pada saat itu.  Pada januari 1996 mereka berdua mulai melakukan kolaborasi penelitian dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Cara kerja system BackRub adalah menggunakan BackLink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.  Karena cara kerjanya menggunakan BackLink akhirnya dinamakanlah BackRub tersebut.  Mereka berdua yakin bahwa halaman dengan paling banyak BackLink menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web relevan lainnya adalah merupakan halaman-halaman yang paling relevan. Satu tahun kemudian pendekatan unik mereka tentang Analisis Jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar mengenai tekhnik baru mesin pencari tersebut langsung menyebar ke seluruh penjuru kampus Universitas Stanford.

Sepanjang awal 1998 mereka berdua terus menyempurnakan Tekhnologi BackRub(belum bernama Google) dan keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan tekhnologi BackRub yang merupakan pondasi dari mesin pencari mereka. Akhirnya merekapun mendapatkan investor dari teman sekampus. Dia adalah Andy Bechtolsheim yang merupakan pendiri Sun Microsystems, pertemuan mereka terjadi di serambi asrama mahasiswa Fakultas Stanford di Palo Alto saat masih pagi hari. Kemudian Larry Page dan Sergey Brin memberikan demo secara singkat karena Andy tidak punya banyak waktu.  Setelah melihat demo tersebut akhirnya Andy pun setuju untuk memberikan bantuan dana berupa sebuah Cek senilai $100.000,00(seratus ribu dollar AS). Namun, sayangnya Cek tersebut tertulis atas nama perusahaan Google.  Padahal saat itu perusahaan Google belum didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin.
Dana yang masih berupa Cek tersebut pun akhirnya menjadi sebuah dilema karena mereka berdua tak mungkin mencairkan Cek tersebut selama belum ada lembaga yang bernama perusahaan Google.  Sungguh luar biasa, mereka berdua tidaklah menyerah begitu saja kepada keadaan tersebut, terbukti bahwa mereka berdua kembali bekerja keras dan pantang menyerah dalam mencari Investor/Pendana.  Akhirnya dana tersebut dapat terkumpul sekitar $1.000.000,00(Satu Juta Dollar) setelahmereka  mencarinya dari kalangan keluarga dan teman sejawat. Perusahaan Google. Inc akhirnya resmi dapat diirikan pada 7 September 1998 di Ruang Garasi yang mereka sewa di rumah teman mereka di Menlo Park, California.

Kemudian dilain sisi ada suatu kisah menarik dari pemberian nama Google tersebut bahwa sebenarnya kata Google berasal dari kata Googlo.  Kata itu di ciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner seorang ahli Matematika dari AS.  Milton Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (Satu) yang di ikuti 100 angka 0 (Nol) di belakangnya. Oleh karena itu penggunaan kata Google merupakan cerminan dari kata Googlo tersebut.  Coba lihat saja di hasil pencarian mesin pencari Google, maka akan muncul data hasil pencariannya kita dimana jumlah angka 0 (Nol) tersebut akan muncul sebanyak web yang didapat oleh hasil mesin pencari Google.

Sungguh suatu kisah pelajaran yang sangat berharga dan dapat kita petik hikmahnya dari Kisah 2 Mahasiswa P.hD. Universitas Stanford  tersebut.  Dimana mereka selalu bersemangat untuk bekerja keras dan pantang menyerah demi mewujudkan impian-impian mereka tersebut.  Bahkan ketika awal mula Google berdiri, mereka berdua harus mengumpulkan komputer-komputer bekas demi memenuhi kebutuhan server mereka dan mereka rela bekerja siang malam di garasi yang mereka sewa tersebut. Kemudian ketika mesin pencari mereka sukses dibandingkan dengan saingan-saingan mereka namun tidak serta merta mereka mendapatkan keuntungan financial.  Pada mulanya Google pernah ditawarkan ke Altavista seharga $1.000.000,00 (Satu Juta Dollar) tetapi di tolak, lalu ditawarkan ke Yahoo tetapi di tolak juga, padahal sekarang Google adalah penyuplai data terbesar ke Yahoo untuk menyediakan data ke dalam mesin pencari mereka.
Kemudian saat mereka sudah mendapatkan modal, tidak serta merta Google langsung mendapatkan keuntungan. Bahkan lebih dari satu Tahun Google tidak mendapatkan apa-apa, namun setelah ditemukannya System periklanan baru dalam mesin pencarian mereka, barulah Google mulai menghasilkan banyak dollar ke pundi-pundi mereka.

Sungguh suatu Kisah Pelajaran Hidup yang bisa kita ambil hikmahnya agar kita juga selalu bersemangat dan pantang menyerah dalam melakukan apapun saat bekerja terutama berbisnis online yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan serta kisah di atas bisa kita jadikan motivasi hidup yang sangat mencerahkan.
Demikian Kisah yang bisa saya sajikan. Terima Kasih

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar