Karena Google Orang Bodoh pun Bisa Menjadi Pandai

Kawan, Ingatkah anda waktu masih duduk dibangku SD ketika Guru kita mengatakan “Rajin Pangkal Pandai”? Kata-kata yang selalu disampaikanseorang Guru kepada kita, namun pada perkembangan dunia sekarang ini sepertinya kata-kata tersebut telah sedikit demi sedikit tergeser menjadi “Cari pangkal Pandai”. Ya, hanya karena dengan mencari informasi diGoogle seseorang yang bodoh sekalipun bisa menjadi pandai karenanya. Tidak percaya buktikan sendiri.hehe. Sekarang Google merupakan salah satu search engine yang sangat terkenal dan tentunya hasil pencariannya pun juga sangat relevan. Entah, sudah berapa banyak orang yang menjadi lebih pandai dalam beberapa saat hanya dengan bertanya kepada Google. Dengan mengetikkan keyword yang kita mau maka dengan sekejap Google menampilkan hasil pencariannya yang relevan berdasarkan keyword kita.



Keberadaan search engine Google dari hari ke hari semakin memperluas pencarian dan juga mempermudah penggunanya dalam menemukan berbagai informasi dengan cepat, akurat dan lengkap. Karenanya, mengajarkan internet kepada orang yang baru belajar maupun orang bodoh sekalipun adalah sesuatu yang sangat mudah. Kita tidak perlu mengajarinya lewat buku maupun menyuruhnya mencatat apa yang kita berikan kepadanya. Namun, kita hanya perlu mengenalkannya saja pada mbah Google dan dalam beberapa saat anda jangan kaget kalau orang tersebut mungkin akan lebih pandai dari yang mengajainya. Mengajar internet yang singkat, padat dan jelas kurang lebih seperti itu. Jadi gak perlu deh pakek acara buka-buka buku segala karena diGoogle aja sudah lengkap kok.hehehe.

Google sangat sederhana namun dibalik kesederhanaan tersebut tersimpan tekhnologi yang luar biasa yang ditanamkan pada mesin pencarinya dan tidak dapat dipungkiri mesin pencari Google merupakan hal yang fenomenal dan sangat berjasa bagi dunia internet. Bahkan hanya dengan melakukan kombinasi fasilitas perintah pencarian yang disediakan Google, memungkinkan orang bodoh sekalipun menemukan informasi sensitive  maupun menemukan kelemahan suatu situs sehingga Google juga merupakan tools wajib bagi hacker. Kemampuan Google, tersebut sering disebut dengan istilah Google Hacking. Google mencari berdasarkan keyword yan dimasukkan oleh pengguna dan Google dapat digunakan untuk mencari teks, gambar dan juga video. Sangat komplit deh jika untuk membuat orang bodoh menjadi pandai.hehehe. Bahkan Google juga menjadi pelopor dalam mengenalkan peta interaktif menggunakan satelit dengan mengembangkan aplikasi bernama Google Eart. Beberapa kota besar dapat diperlihatkan dengan cukup detail oleh Google Eart hingga dapat menampilkan pejalan kaki dan kendaraan dengan cukup jelas.

Sekarang kita telah mengenal beberapa website yang menyediakan informasi seperti Wikipedia, Blogger, Wordpress dan lain sebagainya. Betapa lengkap informasi yang  dapat ditampilkan jika search engine Google mampu menjelajahi semuanya dan menampilkan rankaian informasi dalam satu kali proses. Pada akhirnya kita sebagai pencari informasi akan mendapatkan informasi dari search engine Google melalui setiap keyword yang kita inginkan. Namun, tindakkan selanjutknya tidak dapat ditentukan oleh tekhnologi search engine Google yang supercanggih sekalipun tetapi ditentukan oleh diri kita sendiri sebagai pemakai layanan tersebut.  Apakah kita ingin mencari informasi yang bersifat positif atau negative. Hal tersebut semua tergantung pribadi kita masing-masing , namun alangkah baiknya jikalau kita menguanakannya untuk kepentingan-kepentingan yang bersifat positif. Terima kasih

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar