15 Tips Menyesuaikan Microsoft Word 2007 Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Reaksi awal terhadap hadirnya Microsoft Word 2007 beragam. Beberapa orang ada yang menyukai tampilan interface Microsoft Office Fluent tersebut(Nama Resmi untuk desain baru Office 2007). Namun, ada juga sebagian orang yang mengeluhkan tentang perbedaan format filenya, di mana word 2003 berformat file doc., Sedangkang word 2007 berformat .docx. Kedua file tersebut tidaklah sama dan format file Word 2003 tidak bisa di baca oleh Word 2007 dan sebaliknya. Namun, di sini saya hanya memberikan tips-tips untuk word 2007 saja.  Ada banyak sekali Tips-tips untuk menyesuaikan Microsoft Word 2007 agar cocok dengan cara kerja anda ataupun bagi anda yang gemar menulis artikel di Word.



Berikut adalah 15 Tips untuk menyesuaikan tampilan, sentuhan, dan juga fungsi Microsoft Word 2007:

1.    Sembunyikan Ribbon

Salah satu keluhan dari Word 2007 adalah Ribbon yang sedikit memakan tempat. Jika ingin tampilan kerja yang lebih luas, anda bisa menyembunyikan Ribbon dengan menekan tombol Ctrl+F1.  Ribbon hanya akan tinggal judul tabnya saja, sehingga perintah bisa anda akses ketika anda butuhkan dan untuk mengembalikan Ribbon ke tampilan semula, tekan lagi Ctrl+F1.


2.    Atur Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar (di sebelah kanan Microsoft Office Button) menyediakan akses ke perintah yang sering anda gunakan.     Secara default, ia hanya menampilkan Save, Undo, dan Redo. Anda bisa mengubah Quick Access Toolbar sehingga berisi perintah yang rutin di gunakan. Misalnya, jika rutin mengecek ejaan dan tata bahasa dokumen, anda mungkin ingin memasukkan perintah Spelling & Grammar ke Quick Acsess Toolbar. Untuk melakukan perintah, klik panah did sebelah kanan Quick Access Toolbar dan klik item yang ingin anda masukkan atau klik More Comand untuk melihat opsi lainnya.

3.    Tampilkan KeyTips

KeyTips menampilkan tombol yang anda tekan jika ingin menavigasi Word dengan menggunakan Keyboard. Tekan tombol Alt untuk menampilkan KeyTips pada Ribbon. Anda akan melihat huruf dalam books kecil pada Tab dan Quick Access Toolbar. Ketika anda menekan huruf misalnya, anda menekan N untuk Tab insert, maka anda akan melihat semua perintah pada Ribbon mempunyai KeyTips sendiri. KeyTips akan di tampilkan sampai anda menekan tombol Alt untuk kedua kalinya.


4.    Sesuaikan Status Bar

Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak dengan mengklik kanan di sembarang tempat pada status bar. Namun, tujuan sebenarnya dari Customize Bar adalah agar anda bisa memilih item yang ingin di tampilkan pad status bar. Misalnya, anda bisa menambahkan Caps Lock untuk melihat indikatornya ketika tidak sengaja tertekan atau saat anda lupa mematikannya. Untuk menambahkan item yang belum ada, cukup klik saja dan untuk menyembunyikan informasi yang tidak ingin anda tampilkan pada status bar, klik item untuk menghilangjannya. Item yang ditampilkan diberi tanda centang ( v).  


5.    Ubah Warna Word 2007 Anda

Tidak banyak pilihan warna yang bisa anda gunakan jika ingin mengubah keseluruhan tampilan jendela Word 2007. Namun, setidaknya anda masih punya beberapa pilihan untuk mengubah warna Interface, Klik Microsoft Office Button dan klik Word Options. Di bagian Popular, Klik panah Color Scheme, secara default yang dipilih adalah Blue namun anda bisa mengubahnya ke Silver atau Black.

6.    Modifikasi Screentip

Word 2007 mempunyai Enhanced ScreenTip yang menampilkan informasi tentang perintah dan prosedur Word. Saat anda mengarahkan kursor ke suatu perintah pada Ribbon maka Word menampilkan ScreenTip untuk memberikan informasi mengenai perintah tersebut. Secara Default, Word menampilkan informasi yang cukup banyak namun anda bisa mempersingkat ScreenTip jika memang anda tidak membutuhkan banyak informasi. Untuk mengubah tampilan ScreenTip, Klik Microsoft Office Button dan klik Word Options. Di bagian Popular, klik panah ScreenTip style dan pilih Opsi yang anda inginkan.

7.    Format Dengan Themes

Berkat fitur baru Themes pada Word 2007 anda tidak perlu lagi mengatur-atur setiap efek ketika memformat dokumen. Theme sudah dilengkapi desain warnwa, font, dan efek, bahkan mempunyai Stylenya sendiri. Pilih Tab Layout, klik panah Themes dan pilih Themes yag anda inginkan dari galeri. Desain otomatis akan diberlakukan.


8.    Tampilkan Thumbnail View

Document Map merupakan salah satu fitur untuk menavigasi dan melihat dokumen. Jika anda ingin cara yang cepat dan mudah untuk melihat dokumen yang panjang, anda akan suka dengan Thumbnail View    . Dengan demikian, anda bisa melihat bagian judul dengan Document Map dan pindah ke Thumbnail View.  klik Tab View dan klik Thumbnail di grup Show/Hide untuk melihat miniature layout setiap halaman. Dengan demikian, anda bisa melihat bagaimana alur dokumen, mengecek posisi table dan gambar dan melihat secara keseluruhan apakah dokumen siap di cetak.

9.    Buat Shortcut Keyboard (1)

Jika anda penggemar berat tombol Shortcut, maka jelas anda ingin sekali membuat Shortcut sendiri pada Word 2007. Untuk melakukannya, Klik Microsoft Office Button dan Klik Word Options. Di bagian Customize, klik tombol Cutomize did Keyboard Shortcut bagian bawah. Pada kotak dialog Customize Keyboard, pilih Tab yang berisi perintah yang ingin anda buat Shortcutnya.

10.    Buat Shortcut Keyboard (2)

Selanjutnya pada Daftar Command, pilih nama perintah(perhatikan bahwa nama tersebut adalah nama perintah yang di kenali oleh program, bukan yang tampil pada Ribbon). Tekan tombol Shortcut yang ingin anda gunakan untuk perintah, dan kemudian klik assign untuk menyimpan Shortcut. Klik Ok untuk menutup kotak dialog Word Options. Shortcut yang baru bisa langsung di gunakan.


11.    Menjalankan Word Secara Otomatis

Anda bisa memerintah Windows agar langsung menjalankan Word 2007 ketika Startup dengan mengcopy Word 2007 ke dalam folder Startup. Klik, Windows Start dan ilih All Programs. Klik Microsoft Office untuk menampilkan Program di dalam folder. Klik kanan Microsoft Office Word 2007 dan pilih Copy. Sekarang arahkan mouse ke folder Startup pada All Programs, klik kanan dan Kemudian Pilih Explore. Pada waktu jendela Startup tampil, tekan Ctrl+V untuk mempaste Shortcut Word 2007 ke dalam folder. Sekarang tutup jendela Startup. Waktu berikutnya anda menjalankan Windows, Word 2007 akan otomatis di jalankan.

12.    Langsung Buka Dokumen

Jika mau Word mwmbuka satu dokumen setiap kali program di jalankan, anda bisa menggunakan Switch perintah untuk member tahu Word Dokumen mana yang ingin anda buka. Pertama, tekan tombol Windows+R, kemudian ketik path ke Word 2007. Misalnya, C:\Program Files\Microsoft Office\Office12\winword.exe, tekan spasi dan ketik Switch/t, di ikuti dengan spasi lagi dan nama file yang ingin anda buka. Jika ingin menjalankan Word dengan cara seperti ini, anda bisa membuat Shortcut Dekstop dengan mengklik kanan desktop, pilih New, Klik Shortcut dan kemudian masukkan Path dan switch ke boks Location pada kotak dialog Create shortcut.


13.    Ubah Tempat Penyimpanan

Anda bisa memerintah Word 2007 untuk menyimpan dokumen di folder yang dipilih dengan mengklik Microsoft Office Button, dan klik Word Options. Klik Save dan dibagian Save documents, klik tombol Browse di sebelah boks Default File Location dan pilih Folder tempat anda ingin menyimpan dokumen. Klik OK untuk menyimpan lokasi dan menutup kotak dialog dan klik OK lagi untuk kembali ke dokumen anda.

14.    Masukkan Tag

Dengan mengklik Microsoft Office Button, memilih Prepare dan mengklik Properties, maka anda bisa menampilkan properties dokumen dan memasukkan informasitentang dokumen, seperti nama anda, judul, status, dan dekskripsi singkat. Hal tersebut tidak masalah jika anda punya banyak waktu. Namun, jika anda hanya ingin memastikan nama pembuat tampil pada dokumen dan ingin menggunakan Tag untuk mempermudah pencarian, Anda bisa melakukan secara cepat dan mudah ketika menyimpan file. Untuk memasukkan nama penulis dan Tag, Klik Boks Tag pada kotak Dialog Save As, dan simpan dengan mengklik Save.


15.    Simpan Dokumen Sebagai PDF Ataupun XPS

Fitur Mark As Final pada Word 2007 ( tersedia ketika anda mengklik Microsoft Office Button, Prepare) memang berguna, tapi meskipun anda bisa menandai dokumen sebagai final, ketika orang lain menerima dokumen, maka ia bisa mengcopy isi dokumen dan mengeditnya seperti biasa. Agar anda yakin bahwa tidak ada orang lain yang mengganti isi atau mengubah formatting, maka simpan dokumen sebagai PDF ataupun XPS.

Demikian 15 Tips dari saya yang bisa saya sampaikan. Semoga Tips-tps tersebut bermanfaat untuk kita semua. Jika ada Salah dan kurangnya, mohon kawan-kawan yang lebih professional tambahkan kekurangannya dikomentar. Terima Kasih.

Reactions:

2 comments:

  1. nice artikel banget nich..
    saia sendiri yg terbiasa menggunakan word 2003 malah kebingungan banget pakai 2007, sampai akhirnya downgrade kembali.. tp ya tetap harus ikuti kemajuan dunk hehe

    BalasHapus
  2. iya sob, saya dulu juga terbiasa pakek word 2003 tapi lama2 pengen coba barang baru biar kagak ketinggalan jaman!hehehe
    Thanks sob atas kunjungannya...

    BalasHapus