Alexa Rank dan Manfaatnya yang Besar bagi Website/Blog Anda.

Munkin bagi para master-master SEO dan para pembisnis online, Alexa Rank adalah sesuatu yang tak asing lagi bagi mereka. Bagi mereka Alexa Rank sangat diperhitungkan sekali dalam menentukan rank pada websitenya karena mayoritas dari mereka adalah para pelaku pembisnis online, yang pasti menginginkan traffic yang banyak pada websitenya. Namun bagi para blogger pemula kayak saya.hehehe,  Alexa rank adalah sesuatu yang masih asing dan mungkin sih pada gak tau kalee sama yang namanya Alexa Rank.

Tapi gak usah berkecil hati bagi anda yang ingin mengetahui apa itu Alexa Rank dan manfaatnya bagi blog anda. Alangkah baiknya jika anda mau mempelajarinya karena akan sangat bermanfaat bagi website anda. Mungkin udah basi banget yach bahas Alexa Rank tetapi tak apalah karena mungkin masih banyak juga blogger pemula yang pada belum tau tentang Alexa Rank. Pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba sedikit mengulas tentang Alexa Rank dan manfaatnya bagi blog  atau website anda.  Apa itu Alexa? . Alexa yang saya bahas disini bukan Artis penyanyi yang ada di TV lo bro?hehehe ….
Yapps,  Alexa merupakan sebuah web informasi yang memberikan rangking bagi sebuah web atau blog. Tampaknya bukan karena hal itu saja Alexa bisa menjadi sangat dikenal dan diperhitungkan bagi para web surfer dan master SEO. Tidak hanya di luar seperti di Amerika,  karena Alexa juga menjadi semacam tolak ukur untuk menentukan traffic dari sebuah website. Lalu yang jadi pertanyaan, Apakah yang dimaksud dengan Alexa Ranks?    Alexa Ranks adalah rangking yang diberikan oleh Alexa web dimana rangking tersebut berasal dari total jumlah pengunjung Unique Alexa Toolbar.     

Oww gitu to…jadi Alexa itu semacam toolbar ya?  Kalau boleh saya bilang sih bisa jadi semacam itu juga, karena kalau mau ngecek popularitas sebuah web ke webnya Alexa langsung kan agak ribet jadi Alexa jadi Alexa membuat semacam toolbar yang memudahkan untuk pengecekan sehingga kita bisa mengetahuinya secara langsung. Selain itu juga banyak faktor yang mempengaruhi Alexa dalam memberikan rangking. 
Jika anda menggunakan Alexa Toolbar dan terinstall pada computer anda , toolbar tersebut akan menunjukkan rangking dari web kita maupun web lainnya pada waktu kita browsing maupun surfing di internet.   

Toolbar tersebut menunjukkan popularitas dari website yang bersangkutan.    Sekarang pun tampaknya google juga masih menjadi website dengan maximum traffic berdasarkan data dari Alexa, setelah itu baru di ikuti oleh Yahoo. Banyak orang yang mengatakan jika popularitas Alexa sudah menurun, kita tidak usah terlalu memikirkan rangking dari Alexa! Menurut saya keberadaan Alexa masih sangat penting dalam pencapaian sebuah Page Rank (PR) yang tinggi karena menunjukkan kualitas dan popularitas dari website yang kita miliki.   Selain itu tampaknya google pun masih berpatokan juga pada Alexa dalam memberikan rangking bagi Website kita. Jadi kalau memang begitu pentingnya Alexa Toolbar ini, apa saja kegunaanya?
1.      Alexa membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebah website.
2.      Berguna bagi website yang anda miliki untuk diterima dalam program make money online.
3.      Membatu anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan anda bisa mengetahui volume traffic dari website yang anda miliki.
Untuk sekarang tampaknya hanya 5-10% saja pengguna internet yang menggunakan Alexa Toolbar, munkin karena mereka adalah para webmaster yang sudah mengetahui  dan menyadari dampak dari penggunaan Alexa Toolbar ini.  Namun menurut perhitungan alogaritma Alexa yang baru dan pastinya ribet, bahwa system rangking yang diberikan oleh Alexa semakin akurat karena Alexa juga memberikan rangking berdasarkan sumber lain juga. Mungkin saling cross check dengan Google, Yahoo, MSN dan Website berpengaruh lainnya. Dan sudah banyak penurunan rangking yang dialami oleh para webmaster teritama pemilik Blog.
Jadi kalau anda menginginkan PR yang tinggi bagi website anda, saya harap anda harus juga  memperhatikan rangking Alexa anda. Saya sarankan anda install toolbar dari Alexa karena bisa didapatkan secara gratis dan sudah compatible dengan IE maupun Mozilla Firefox.  Lalu Set pada browser homepage anda untuk website yang anda miliki sehingga Alexa Ranks anda bisa lebih baik dari sebelumnya.  Anda juga bisa menambahkan Alexa Widget yang berisi data traffic maupun rangking pada Alexa sehingga bot Alexa lebih sering 

berkunjung untuk men-crawl website anda. Alexa widget bisa anda dapatkan di http://alexa.com  . Tinggal anda ketik URL website anda di kolom yang tersedia disitu lau anda mendapatkan kode javascript yang diberikan pada website anda dan tinggal copy paste kode javascriptnya lalu pasang widgetnya di blog anda.
Terus, apa sebenarnya manfaat yang besar dari Alexa Rank ini untuk Website/Blog Anda?  Jika Blog yang anda miliki anda manfaatkan untuk mencari uang  di internet maka Alexa Rank sangat penting bagi anda.  Karena banyak program-program penghasil dollar di internet seperti TLA, Sponsoredreviews, Blogvertise, Buyblogreviews, Linkworth, dll yang mensyaratkan Alexa untuk bisa bergabung pada program mereka.  Jadi semakin kecil rangking Alexa blog anda maka semakin banyak program yang bisa anda ikuti yang artinya semakin besar pula kesempata anda untuk menghasilkan uang di internet.  Selain itu Alexa Rank juga bisa digunakan untuk menentukan popular atau tidaknya sebuah blog.   Blog yang memiliki Alexa Rank kecil biasanya akan lebih popular dan disukai oleh para advertiser dibandingkan blog  yang memiliki alexa rank gede.
Begitulah sedikit ulasan dari saya mengenai Alexa Rank dan Manfaatnya yang Besar bagi Website/Blog Anda. Semoga sedikit ulasan dan penjelasan saya di atas bisa bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah menyimak.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar